Sabtu, 24 November 2012

Munculnya Inspirasi dari Melihat Koran Bekas Yang Menumpuk



Melihat lamanya koran bekas (koran habis dibaca) yang telah menumpuk sekian lama di rumah, dan nampak terlihat kotor dan tidak bermanfaat lagi. Kalau dijual harga lakunya pasti murah, tidak sebanding dengan kita membeli koran yang baru. Namun setelah saya lihat, awalnya merasa bosan, lama-lama muncullah inspirasi yang baru untuk membuat koran bekas ini menjadi bermanfaat lagi. Dengan cara lain daripada yang lain, saya mempunyai inspirasi yang baru dalam mendaur ulang koran bekas menjadi barang yang sedap dipandang mata dan nilainya lebih. Saya mencoba dengan cara menggulung potongan-potongan kertas dan menyatukan menjadi bentuk yang saya inginkan.
           
Dengan cara inilah saya membuat daur ulang koran bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat. Dalam hal ini saya mau berbagi kepada seluruh masyarakat untuk tidak selalu membeli barang dengan harga yang mahal untuk asesoris rumah anda. Akan saya tunjukkan cara pengolahan daur ulang koran bekas menjadi replika kapal layar cantik. Caranya mudah sekali yaitu sebagai berikut :

Pertama : Siapkan koran bekas, lalu potong satu lembarnya menjadi  8  (delapan) bagian yang sama. Sehingga membentuk bangun persegi panjang ukuran ±17x28 cm. Lalu siapkan lem kertas biasa

Kedua : Gulunglah potongan koran tadi secara perlahan di alas rata hingga membentuk gulungan-gulungan koran kecil seperti menggulung batang rokok. Usahakan hasil gulungan rapat.




Ketiga : Buatlah sebanyak-banyak gulungan-gulungan koran kecil tersebut. Diperkirakan  hingga cukup untuk bentuk yang diinginkan. Usahakan lembar putih berada paling luar.
Keempat : Pilah-pilah gulungan yang tampak tulisan dengan yang tidak. Jadikan satu untuk mempermudah pengolahan dan terlihat rapi.





Kelima : Sediakan gunting untuk memotong gulungan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, lem kayu untuk perekat dan cat gabus untuk memberi warna.
Keenam : Guntinglah gulungan-gulungan tadi dan susunlah gulungan seperti menyusun tumpukan bambu dengan lem kayu. Hingga membentuk sesuai keinginan.




Ketujuh : Susunan-susunan yang direkatkan dan sudah jadi, lalu dicat sesuai dengan keinginan kita dan bisa ditambahkan asesoris-asesoris yang lain untuk mempercantik hasil buatan kita.
Kedelapan : Bentuk dan ukuran bisa bervariasi sesuai dengan keinginan dan inspirasi kita, tempatkan ditempat yang pantas di rumah anda.
Disamping adalah contoh bentuk replika kapal layar sederhana.
Ini contoh bentuk replika masjid sederhana dengan dua menara, yang diletakkan di pojok rumah sebagai hiasan dinding rumah.

Ini contoh bentuk pigora foto sederhana dengan tempat pensil dan yang lainnya. Dengan ditempeli pernik dari biji-bijian kering.




Ini contoh bentuk tempat tisue sederhana dengan ukuran kecil. Ini masih alsi belum disentuh cat pewarna.
Ini contoh bentuk replika bunga teratai sederhana dengan ditambah botol susu bekas.

                Berbagai macam bentuk yang akan kita buat. Mungkin dengan inilah saya membantu menumbuhkan inspirasi anda dalam mendayagunakan daur ulang koran bekas. Koran bekas yang tidak memiliki nilai jual yang lebih bisa menjadi nilai jual yang menguntungkan. Kepada ibu-ibu rumah tangga yang berada di rumah dan bosan dengan kehidupan sehari-hari yang tetap dan yang memiliki koran bekas menumpuk, buat inspirasi baru dengan tangan anda.
            Mudah-mudahan ini lebih bermanfaat bagi saya dan seluruh kalangan masyarakat pembaca. Seluruh hasil karya ini sebagai contoh dalam mendaur ulang koran bekas.


“Munculnya Inspirasi dari Melihat Koran Bekas yang Menumpuk”
Oleh : Krisna Hadi, S.Pd.
Guru SDN Burno 02

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar